Minggu, 27 Januari 2013

RPP KELAS V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ...........................
Mata Pelajaran            :   SAINS
Materi Pokok               :   Energi dan Perubahannya
Kelas/Semester            :   V/ 2
Waktu                          :   14 x 45 menit (7 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

B.     Kompetensi Dasar
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

C.    Tujuan Pembelajaran**:
a.       Siswa dapat Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
b.      Siswa dapat Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
c.       Siswa dapat Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
d.      Siswa dapat Membuat magnet.

D.    Karakter siswa yang diharapkan :
e.       Kerja keras, Kreatif,  Mandiri, Rasa ingin tahu.

E.     Materi Essensial
Gaya magnet
  1. Magnet menarik benda-benda tertentu
  2. Kekuatan gaya magnet
  3. Magnet meiliki dua kutub
  4. Magnet meiliki dua kutub
  5. Kegunaan magnet
  6. Membuat magnet
Gaya Gravitasi
Gaya gesekan

F.     Media Belajar
·         Buku  SAINS SD Relevan Kelas V
·         Sebuah magnet, peniti, paku payung, klip kertas dari besi, saputangan, kertas, karet penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, selembar mika, kardus, pensil, benang tipis, penggaris
G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·         Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& jEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Memahami istilah magnet
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
A.    Memberikan kesimpulan bahwa
  1. Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam tertentu
  2. Gaya magnetis dapat menembus benda non magnetis
  3. Kekuatan gaya tarik magnet dipengaruhi oleh ketebalan benda dan jarak magnet dengan benda non magnetik


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
a.       Mengulang materi pertemuan sebelumnya
b.      Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
B.     Memberikan kesimpulan dari kegiatan :
  1. Gaya tarik magnet yang paling kuat terletak di bagian kutubnya
  2. Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
·         -


Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·         Mengulang materi pertemuan sebelumnya
·         Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan beberoa kegunaan dari magnet
§ Pengunci kotak pensil
§ Kompas
§ Dinamo
§ Alarm pengaman
§ Alat pengangkut benda dari besi
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
C.     Memberikan kesimpulan bahwa :
  1. Dua kutub magnet yang sejenis akan tolak-menolak dan sebaliknya
  2. Magnet digunakan pada berbagai macam peralatan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-

Pertemuan ke-4

-       Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·         Mengulang materi pertemuan sebelumnya
·         Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
-       Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Memahami cara pembutan magnet dengan cara :
1.  Induksi
2.  Gosokan
3.  Aliran listrik
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
-       Penutup
D.    Memberikan kesimpulan bahwa :
Ada tiga cara pembutan magnet yaitu cara induksi, gosokan dan aliran listrik


(5 menit)
-       Pekerjaan Rumah
·         Tugas 5.3 (hlm.114)


Pertemuan ke-5

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
c.       Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Memahami peta konsep tentang gaya gravitasi


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi
F Memahami apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi
·         Segala benda di Bumi menjadi kacau
·         Setiap benda tidak lagi memiliki berat
·         Benda akan bertubrukan dan terlempar dari permukaan Bumi
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
E.     Memberikan kesimpulan
 “Gerak jatuh bebas disebabkan oleh gaya gravitasi Bumi”


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
·        


Pertemuan ke-6

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
d.      Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Memahami peta konsep tentang gaya gesekan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek yang mempengaruhi gerak benda.
F Memahami definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling bersentuhan,.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan kegunaan dari gaya gesek
1.  Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
2.  Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak
3.  Menahan benda-benda agar tidak bergeser.
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
F.      Memberikan kesimpulan
 “manfaat gaya gesekan adalah menahan benda agar tidak tergelincir, menghentikan benda yang sedang bergerak, menahan bneda agar tidak bergeser”


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
G.     

Pertemuan ke-7

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
e.       Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Memahami peta konsep tentang gaya gesekan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& dEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mampu mengatasi kerugian akibat gaya gesekan
A.          Memasang roda
B.           Memasang bantalan peluru
C.           Menghaluskan permukaan benda
D.          Menghambat gerakan
E.           Mengikis permukaan yang bergesekan
F.            Memboroskan energi untuk mengatsi gaya gesekan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan benda yang dapat memperbesar gaya gesekan :
G.Bahan karet
H.Paku-paku atau pul
F Menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek
I.   Menghambat gesekan
J.   Memboroskan energi
K.          Mengikis permukaan yang bergesekan
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
H.    Memberikan kesimpulan
L.     Gaya gesekan dapat diperbesar dengan menggunakan bahan karet dan paku-pau atau pul
M.   Gaya gesekan menghambat gerakan, mengikis permukaan, dan pemborosan energi
N.    Kerugian gaya gesek dapat diperkecil dengan roda, bantalan peluru, pelumas.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
·        



H.    Penilaian:
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki 
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
A. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
B. Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
C. Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
D. Membuat magnet.
E.  Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
F.  Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.
G. Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
H. Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
I.    Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif



J.    Kelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
K. Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
L.  Sebutkanlah contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
M.   Buatkanlah magnet.
N. Simpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
O. Jelaskanlah seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.
P.  Bandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
Q. Jelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
R. Jelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP/NIK :                                                            NIP/NIK :






 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ...........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   V/ 2
Materi Pokok               :   Energi dan Perubahannya
Waktu                          :   8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktek

1.      Standar Kompetensi       :
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

2.      Kompetensi Dasar
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

3.      Tujuan Pembelajaran**:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Siswa dapat Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana
F Siswa dapat Menyebutkan jenis pesawat sederhana
1.      Tuas (pengukit)
2.      Bidang miring
3.      Katrol
4.      Roda

F Siswa dapat Memahami pengertian
1.      Tuas (pengukit)
2.      Bidang miring
3.      Katrol
4.      Roda

F Siswa dapat Memahami tuas gologan pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya
F Siswa dapat Menyebutkan keuntungan menggunak pesawat sederhana
F Siswa dapat Menyebutkan bidang miring
A.    Kapak
B.     Pisau
C.     Linggis
D.    Obeng
E.     Paku ulir
F.      Sekrup
F Siswa dapat Menyebutkan jenis katrol
A.                            Katrol tetap
B.                             Katrol bebas
C.                             Katrol majemuk
F Siswa dapat Menyebutkan penggunaan katrol dan roda

I.       Karakter siswa yang diharapkan :            
F Kerja keras, Kreatif,  Mandiri, Rasa ingin tahu.

4.      Materi Essensial
Pesawat sederhana
Jenis-jenis pesawat sederhana
·         Tuas
·         Bidang miring
·         Katrol
·         Roda

5.      Media Belajar
·         Buku  SAINS SD Relevan Kelas V
·         Kaleng cat yang tertutup, obeng pipih atau sendok

6.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·         Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana
1.  melipatgandakan gaya atau kemampuan kita
2.  mengubah arah gaya yang kita lakukan
3.  menempujh jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan
F Memahami tuas gologan pertama dan memberikan contoh
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan jenis pesawat sederhana
1.      Tuas (pengukit)
2.      Bidang miring
3.      Katrol
4.      Roda
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
F Memberikan kesimpulan bahwa
F Setiap alat yang berguna bagi manusia disebut pesawat
F Pada tuas golongan pertama posisi titik tumpu berada di antara beban dan kuasa.

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Mengulang materi pertemuan sebelumnya
F Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Memahami tuas gologan kedua dan memberikan contohnya
F Memahami tuas gologan kedua dan memberikan contohnya
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
F Memberikan kesimpulan dari kegiatan :
F Tuas adalah pesawat sederhana
F Bagian-bagian tuas adalah beban, kuasa, dan titik tumpu
F Tuas dibedakan menjadi tiga golongan berdasarkan posisi dari kuasa, beban dan titik tumpu.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
·         Tugas 5.4 (hlm.124)


Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·         Mengulang materi pertemuan sebelumnya
·         Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Memahami pengertian bidang miring
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan keuntungan menggunakan benda miring
F Menyebutkan bidang miring
A.    Kapak
B.     Pisau
C.     Linggis
D.    Obeng
E.     Paku ulir
F.      Sekrup
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
F Memberikan kesimpulan bahwa :
F Bidang miring adalah pesawat sederhana
F Bidang miring berguna untuk memindahkan benda yang terlalu berat


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
-

Pertemuan ke-4

-        Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·         Mengulang materi pertemuan sebelumnya
·         Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
-        Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Memahami pengertian katol dan roda
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan jenis katrol
A.Katrol tetap
B. Katrol bebas
C. Katrol majemuk
F Menyebutkan penggunaan katrol dan roda
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
-        Penutup
F Memberikan kesimpulan bahwa :
F Tiga jenis katrol adalah katrol tetap, katrol bebas dan katrol majemuk
F Roda memudahkan pemindahan benda
F Roda termasuk katrol tetap


(5 menit)
-        Pekerjaan Rumah
Tugas

  1. Penilaian:
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki 
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
o  Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.
o  Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
o  Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.
o  Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.
o  Jelaskanlah berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
o  Jelaskanlah kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.
o  Jelaskanlah cara menggunakan pesawat sederhana.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.








  CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP/NIK :                                                            NIP/NIK :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar