RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Energi dan
Perubahannya
Kelas/Semester : V/ 2
Waktu :
14 x 45 menit (7 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan
energi, serta fungsinya
B. Kompetensi Dasar
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui
percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
C. Tujuan Pembelajaran**:
a. Siswa dapat Mengelompokkan benda-benda
yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
b. Siswa dapat Menunjukkan kekuatan gaya
magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
c. Siswa dapat Memberi contoh penggunaan gaya
magnet dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Siswa dapat Membuat magnet.
D.
Karakter siswa yang diharapkan :
e. Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu.
E. Materi Essensial
Gaya magnet
- Magnet menarik benda-benda tertentu
- Kekuatan gaya magnet
- Magnet meiliki dua kutub
- Magnet meiliki dua kutub
- Kegunaan magnet
- Membuat magnet
Gaya Gravitasi
Gaya gesekan
F. Media Belajar
·
Buku SAINS SD Relevan Kelas V
·
Sebuah
magnet, peniti, paku payung, klip kertas dari besi, saputangan, kertas, karet
penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, selembar mika,
kardus, pensil, benang tipis, penggaris
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi :
·
Menyampaikan Indikator Pencapaian
Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
& jEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Memahami istilah magnet
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
A. Memberikan kesimpulan bahwa
|
(5 menit)
|
||||
–
|
|||||
Pertemuan ke-2
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi :
a. Mengulang materi pertemuan sebelumnya
b.
Menyampaikan Indikator Pencapaian
Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
B. Memberikan kesimpulan dari
kegiatan :
|
(5 menit)
|
||||
·
-
|
|||||
Pertemuan ke-3
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi :
·
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
·
Menyampaikan Indikator Pencapaian
Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan beberoa kegunaan dari magnet
§
Pengunci
kotak pensil
§
Kompas
§
Dinamo
§
Alarm
pengaman
§
Alat
pengangkut benda dari besi
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
C. Memberikan kesimpulan bahwa :
|
(5 menit)
|
||||
-
|
|||||
Pertemuan ke-4
|
|||||
- Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
·
Menyampaikan Indikator Pencapaian
Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Memahami
cara pembutan magnet dengan cara :
1. Induksi
2. Gosokan
3. Aliran listrik
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
- Penutup
D. Memberikan kesimpulan bahwa :
Ada tiga cara pembutan magnet yaitu cara
induksi, gosokan dan aliran listrik
|
(5 menit)
|
||||
- Pekerjaan Rumah
·
Tugas
5.3 (hlm.114)
|
|||||
Pertemuan ke-5
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi :
c.
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Memahami
peta konsep tentang gaya gravitasi
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi
F Memahami
apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi
·
Segala benda di Bumi menjadi kacau
·
Setiap benda tidak lagi memiliki berat
·
Benda akan bertubrukan dan terlempar dari
permukaan Bumi
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
E. Memberikan kesimpulan
“Gerak jatuh bebas
disebabkan oleh gaya gravitasi Bumi”
|
(5 menit)
|
||||
·
–
|
|||||
Pertemuan ke-6
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi :
d.
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Memahami peta konsep tentang gaya gesekan
|
(5 menit)
|
||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek
yang mempengaruhi gerak benda.
F Memahami
definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling
bersentuhan,.
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan kegunaan dari gaya gesek
1. Membantu benda bergerak tanpa
tergelincir
2. Untuk
menghentikan benda yang sedang bergerak
3. Menahan
benda-benda agar tidak bergeser.
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
F. Memberikan kesimpulan
“manfaat gaya gesekan adalah menahan benda
agar tidak tergelincir, menghentikan benda yang sedang bergerak, menahan
bneda agar tidak bergeser”
|
(5 menit)
|
||||
G.
|
|||||
Pertemuan ke-7
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi :
e.
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan
membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Memahami peta konsep tentang gaya gesekan
|
(5 menit)
|
||||
& dEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Mampu mengatasi kerugian akibat gaya gesekan
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan
benda yang dapat memperbesar gaya gesekan :
G.Bahan karet
H.Paku-paku atau pul
F Menyebutkan
kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||
H. Memberikan kesimpulan
L. Gaya gesekan dapat diperbesar
dengan menggunakan bahan karet dan paku-pau atau pul
M. Gaya gesekan menghambat gerakan,
mengikis permukaan, dan pemborosan energi
N. Kerugian gaya gesek dapat
diperkecil dengan roda, bantalan peluru, pelumas.
|
(5 menit)
|
||||
·
–
|
H. Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu
untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
o
Mandiri : Sikap dan
perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugas
o
Rasa ingin tahu : Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
|
A. Mengelompokkan
benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
B. Menunjukkan
kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
C. Memberi
contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
D. Membuat magnet.
E. Menyimpulkan
bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
F. Memprediksi
seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.
G. Membandingkan
gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
H. Menjelaskan
berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
I. Menjelaskan
manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tugas
Individu dan Kelompok
|
Laporan
dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
J. Kelompokkan
benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
K. Menunjukkan
kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
L. Sebutkanlah
contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
M.
Buatkanlah
magnet.
N. Simpulkan
bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
O. Jelaskanlah
seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.
P. Bandingkan
gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
Q. Jelaskan
berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
R. Jelaskan
manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP/NIK : NIP/NIK
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 2
Materi Pokok : Energi dan Perubahannya
Waktu :
8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
1. Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan
energi, serta fungsinya
2.
Kompetensi
Dasar
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat
pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
3.
Tujuan
Pembelajaran**:
F
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F
Siswa
dapat Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana
F Siswa dapat Menyebutkan jenis
pesawat sederhana
1. Tuas (pengukit)
2. Bidang miring
|
3. Katrol
4. Roda
|
F Siswa dapat Memahami pengertian
1. Tuas (pengukit)
2. Bidang miring
|
3. Katrol
4. Roda
|
F Siswa dapat Memahami tuas gologan
pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya
F Siswa dapat Menyebutkan keuntungan
menggunak pesawat sederhana
F Siswa dapat Menyebutkan bidang
miring
A. Kapak
B. Pisau
C. Linggis
|
D. Obeng
E. Paku ulir
F. Sekrup
|
F Siswa dapat Menyebutkan jenis
katrol
A.
Katrol
tetap
B.
Katrol
bebas
|
C.
Katrol
majemuk
|
F Siswa dapat Menyebutkan penggunaan
katrol dan roda
I.
Karakter siswa yang diharapkan :
F
Kerja
keras,
Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu.
4.
Materi
Essensial
Pesawat sederhana
Jenis-jenis pesawat
sederhana
·
Tuas
·
Bidang miring
·
Katrol
·
Roda
5.
Media
Belajar
·
Buku SAINS SD Relevan Kelas V
·
Kaleng
cat yang tertutup, obeng pipih atau sendok
6.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan
ke-1
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
·
Menyampaikan Indikator Pencapaian
Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Memahami tujuan penggunaan pesawat
sederhana
1. melipatgandakan gaya atau
kemampuan kita
2. mengubah arah gaya yang kita
lakukan
3. menempujh jarak yang lebih jauh
atau memperbesar kecepatan
F Memahami
tuas gologan pertama dan memberikan contoh
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan jenis pesawat sederhana
1.
Tuas
(pengukit)
2.
Bidang
miring
3.
Katrol
4.
Roda
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
F
Memberikan kesimpulan bahwa
F Setiap
alat yang berguna bagi manusia disebut pesawat
F Pada
tuas golongan pertama posisi titik tumpu berada di antara beban dan kuasa.
|
(5 menit)
|
||
–
|
|||
Pertemuan
ke-2
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
F
Mengulang
materi pertemuan
sebelumnya
F Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Memahami
tuas gologan kedua dan memberikan contohnya
F Memahami tuas gologan kedua dan
memberikan contohnya
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
F
Memberikan kesimpulan dari kegiatan :
F
Tuas
adalah pesawat
sederhana
F Bagian-bagian
tuas adalah beban, kuasa, dan titik tumpu
F Tuas
dibedakan menjadi tiga golongan berdasarkan posisi dari kuasa,
beban dan titik tumpu.
|
(5 menit)
|
||
·
Tugas
5.4 (hlm.124)
|
|||
Pertemuan
ke-3
|
|||
Apersepsi dan Motivasi :
·
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
·
Menyampaikan Indikator Pencapaian
Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Memahami pengertian bidang miring
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan
keuntungan menggunakan benda miring
F Menyebutkan bidang miring
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
F
Memberikan kesimpulan bahwa :
F
Bidang
miring adalah
pesawat sederhana
F Bidang
miring berguna untuk memindahkan benda yang terlalu berat
|
(5 menit)
|
||
-
|
|||
Pertemuan
ke-4
|
|||
-
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
·
Menyampaikan Indikator Pencapaian
Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
-
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
F Memahami
pengertian katol dan
roda
F Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan jenis katrol
A.Katrol tetap
B. Katrol bebas
C. Katrol majemuk
F Menyebutkan penggunaan katrol dan roda
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||
-
Penutup
F
Memberikan
kesimpulan bahwa :
F Tiga
jenis katrol adalah katrol tetap, katrol bebas dan katrol majemuk
F
Roda memudahkan pemindahan benda
F
Roda termasuk katrol tetap
|
(5 menit)
|
||
-
Pekerjaan
Rumah
Tugas
|
- Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu
untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
o
Mandiri : Sikap dan
perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugas
o
Rasa ingin tahu : Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
|
o Mengidentifikasi berbagai jenis
pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.
o Menggolongkan berbagai alat rumah
tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
o
Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan
pesawat sederhana.
o
Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat
sederhana.
|
Tugas
Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah berbagai jenis pesawat
sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.
o
Jelaskanlah berbagai alat rumah tangga
sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
o Jelaskanlah kegiatan yang
menggunakan pesawat sederhana.
o Jelaskanlah cara menggunakan
pesawat sederhana.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP/NIK : NIP/NIK
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar